Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Saturday, August 13, 2011

Hal-hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Menyewa Ruang Kantor

Menyewa ruang kantor tentu saja berbeda dengan menyewa rumah, karena luasan dihitung per meter persegi maka anda harus tau Hal-hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Menyewa Ruang Kantor. Luasan yang anda butuhkan tentu saja tergantung dari banyaknya ruangan yang anda butuhkan, jumlah karyawan anda dan jumlah tamu yang datang ke kantor anda. Karena biasanya ada beberapa jenis perusahaan yang jumlah tamunya cukup banyak, sehingga anda harus menyediakan juga tempat bagi tamu anda, jangan sampai tamu anda merasa tidak nyaman atau bahkan tamu anda duduk-duduk di koridor gedung karena tidak memadainya ruangan untuk mereka menunggu.

Baiklah, saya akan coba membagi
Hal-hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Menyewa Ruang Kantor untuk  anda dalam beberapa poin :

1.    Luas Area Sewa
Semakin luas area yang anda sewa tentu saja semakin besar biaya sewanya. Biasanya rasio jumlah karyawan berbanding luas area yang nyaman        adalah 1:10, dimana 1 orang karyawan membutuhkan kurang lebih 10 m2 area didalam ruang kantor anda. Jadi, jika anda mempunyai karyawan 10 orang, maka luas area sewa yang harus anda siapkan adalah 100 m2.

2.    Lokasi
Perhatikan juga lokasi kantor anda, carilah lokasi dimana karyawan anda mudah untuk sampai ke kantor. Jalan 2 arah, tidak 3 in 1, angkutan             umum yang mudah termasuk ketersediaan transjakarta, jarak ke stasiun kereta (jika karyawan anda banyak yang tinggal di bogor,depok, serpong).    Akses menuju tol yang tidak terlalu jauh.

3.    Fasilitas
Fasilitas yang ada di gedung seperti :

a.    Lift
Perhatikan jumlah lift penumpang, lift barang dan lift service apakah jumlahnya cukup memadai untuk seluruh tenant yang ada di gedung tersebut, karena jika tidak ada maka anda akan tidak nyaman karena pasti akan dibuat menunggu.

b.   Line telepon
Pikirkan berapa kebutuhan line telepon anda termasuk untuk fax. Apakah gedung memiliki 2 provider telepon, untuk berjaga-jaga jika salah satu provider mengalami gangguan maka anda punya back-up.

c.    Bank dan ATM
Untuk memudahkan transaksi bisnis anda maka Bank/ ATM yang anda gunakan untuk transaksi perusahaan sebaiknya tersedia di gedung yang akan anda sewa.

d.    AC
Perhatikan jam operasional AC dari gedung apakah sesuai dengan jam operasional kantor anda. Berapakah biaya overtime AC per jam-nya. Apakah gedung mengijinkan anda membawa AC sendiri agar anda tidak perlu membayar overtime AC dari gedung.

e.    Jam operasional gedung
Cocokkan jam operasional gedung dengan jam operasional kantor anda, pastikan lift dan parkir tetap beroperasi selama anda masih beraktifitas dikantor.

f.    Sistem keamanan
Yang tidak kalah penting adalah sistem keamanan di gedung tersebut. Ketersediaan CCTV, security, screening tamu, bom detector, kelengkapan fire safety, tangga darurat yang memadai, earthquake rating dan fire rating adalah beberapa hal yang harus anda perhatikan.

g.    Tempat makan
Ketersediaan tempat makan bagi karyawan, baik kaki lima ataupun foodcourt/restoran, serta ketersediaan tempat untuk lunch meeting untuk menjamu client anda menjadi hal yang jangan lupa anda patut pertimbangkan.

h.    Toilet
Kebersihan toilet dan jumlah cubicle dalam toilet juga anda perlu perhatikan, toilet VIP bagi direksi anda, bahkan toilet disable jika anda butuhkan.


4.    Lease Term dan Term Payment
Jika anda perusahaan baru, maka sebaiknya anda menyewa untuk jangka waktu yang tidak terlalu panjang dulu untuk menghindari resiko kerugian. Misalnya anda menyewa satu tahun dulu, oleh karena itu anda carilah gedung yang mengijinkan lease termnya pendek, karena tidak semua gedung mengijinkan hal tersebut. Sistem pembayaran gedung biasanya per tiga bulan, namun ada juga gedung yang bisa dibayar per bulan.

5.    Kondisi ruangan
Sesuaikan kondisi ruangan digedung dengan kebutuhan anda, jika anda ingin operasional dalam jangka waktu dekat maka sebaiknya anda memilih ruang yang kondisinya semifurnished atau bahkan fully-furnished. Namun jika anda tidak buru-buru dan ingin mendesain ruang kantor anda sesuai keinginan dan kebutuhan anda, maka anda dapat memilih ruang kantor yang kondisinya masih bare alias kosong dan perlu anda renovasi, waktu yang anda butuhkan untuk renovasi biasanya minimal dua minggu atau satu bulan, dan biasanya gedung memberikan grace period selama anda melakukan renovasi.

Demikian beberapa hal yang dapat saya sampaikan berdasarkan pengalaman saya selama ini melayani kebutuhan client-client saya akan sewa ruang kantor. Dan jangan juga anda harus memikirkan segmen pasar yang ingin anda tuju nantinya untuk penentuan lokasi dan desain ruang kantor anda sehingga sesuai dengan segmen perusahaan anda.



Semoga Hal-hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Menyewa Ruang Kantor ini dapat berguna untuk anda untuk mempertimbangkan dimana anda akan sewa kantor yang anda anggap bagus untuk bisnis anda.


salam sukses

1 comments:

Post a Comment