Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Thursday, August 11, 2011

Tarif Sewa dan Tingkat Hunian Lampaui Rekor

Tarif Sewa Kantor dan Tingkat Hunian Lampaui Rekor


Perkantoran adalah subsektor yang tumbuh paling signifikan belakangan ini. Ruang yang terserap dalam satu semester pertama yang mencapai 244 ribu m2 menjadi bukti. Jumlah ini sudah melebih volume penyerapan yang terjadi sepanjang tahun 2010. Ekspansi para tenant dari aneka sektor terutama minyak dan gas, asuransi dan consumer goods adalah yang membuat tingkat pengisian gedung bertambah. Saat ini tercatat di pusat bisnis Jakarta bahwa tingkat hunian ruang kantor mencapai 86,7%.

Permintaan atas gedung-gedung berkualitas sangat baik, membuat tingkat hunian dari gedung berkategori grade A adalah yang tertinggi, dibanding gedung-gedung grade B dan C. Kenaikan tingkat hunian di gedung grade A itu juga karena gedung grade A terserap paling tinggi sepanjang kuartal kedua, yaitu 88,5% dari total penyerapan di CBD. Penyerapan ruang dalam skala besar contohnya di UOB Tower dan The Plaza.

Naiknya tingkat hunian itu karena pada saat yang sama jumlah pasok di pasar sangat terbatas. Dalam enam bulan pertama 2011 ini hanya ada dua gedung yang sudah beroperasi, yaitu Allianz Tower di Jl Rasuna Said (25 ribu m2) dan K-Link Tower di Jl Gatot Subroto (26.500 m2).
Hingga akhir tahun, data semua konsultan menunjukkan bahwa tidak akan ada gedung kantor baru berstatus strata title yang masuk ke pasar. Kondisi ini kebalikan dari tahun yang lalu, yang bisa dibilang gedung-gedung strata title menyerbu pasar. Tidak adanya gedung baru berstatus ini membuat tingkat penyerapan pun mengalami kenaikan. Serupa adalah tingkat penjualan pre-sales yang juga cukup signifikan yakni Gedung AXA Tower di Jl Rasuna Said dan Office 8 di Kota Kasablanka sudah terjual habis. Pebisnis di sektor pertambangan adalah pembeli utama kantor-kantor stata title.

Dengan permintaan juga penjualan yang terus melambung, membuat pemilik gedung tak ragu menaikkan tarif sewa kantor dan harga jual aset mereka. Namun tidak demikian dengan tarif sewa, yang kalaupun ada kenaikan tidak sebesar pertumbuhan yang terjadi di gedung strata. Akan tetapi dengan permintaan yang terus tumbuh, landlord masih terus menjadi penentu harga. Diperkirakan permintaan masih terus menanjak hingga akhir tahun, namun pertumbuhan tingkat hunian tidak lagi setinggi periode-periode sebelumnya. Hal ini karena sudah mulai jadinya gedung-gedung baru, yang kali ini didominasi oleh gedung baru berstatus strata. Beberapa gedung baru itu antara lain SCBD Lot 18 office, Tempo Scan Tower dan Multivision Tower.

0 comments:

Post a Comment