Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Wednesday, September 21, 2011

Kantor Ramah Lingkungan

Sebuah pengembang properti rasanya belum pantas disebut pengembang properti hijau (green property) jika belum menerapkan sendiri konsep green property itu sendiri. Komitmen itulah yang harus dipegang oleh pengembang terhadap bangunan ramah lingkungan yang diwujudkan lewat rancangan proyek perkantoran. Kita perlu tahu agar dapat sewa kantor dengan tepat seperti apakah bangunan ramah lingkungan yang diterapkan di kantor berkonsep green property ?

Konsep ramah lingkungan yang diterapkan oleh pengembang harus dapat dilihat dari taman luas pada bagian tengah komplek perkantorannya. Taman luas ini dikelilingi bangunan perkantoran, sementara di bagian pinggirnya dipenuhi tanaman merambat yang diatur untuk melindungi area dalam kantor dari paparan sinar matahari. Tanaman merambat itu, selain memberi manfaat keteduhan, juga menghindari tampias air hujan.

Kantor pengembang juga menempatkan green wall yang terlihat di bagian depan perkantoran. Tanaman merambat ini juga dibiarkan menggantung dari atap ke bawah, agar memberi sentuhan lebih alamiah dalam rangka mengurangi penggunaan penyejuk udara untuk ruangan di bawahnya.
Jendela kantor juga dibuat lebar-lebar agar sirkulasi udara lancar. Pada bagian luar, jendela dilengkapi dengan sunshade yang berfungsi sebagai peneduh dari panas matahari.
Area merokok di bangunan perkantoran ini diletakkan di tempat khusus dan terbuka, sehingga tidak mengganggu sirkulasi udara dalam ruangan. Ini tentunya menghormati karyawan lain yang tidak menyukai hembusan asap rokok.
Selain material yang digunakan bersifat ramah lingkungan, sistem dual flush juga diterapkan di toiletnya. Banyaknya pepohonan dan ruang terbuka di perkantoran ini menjadikan kualitas udara menjadi lebih sehat.

Semoga konsep ini dapat dikembangkan oleh para pengembang di Indonesia. Salam sukses !

0 comments:

Post a Comment