Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Monday, September 26, 2011

Teknologi Digital Printing



Keramik adalah material bangunan yang kini paling banyak diaplikasikan dalam bangunan. Tak hanya sebagai pelapis lantai pun dinding, bahkan tak sedikit yang memasangnya hingga setinggi langit-langit seperti di kamar mandi. Dengan karakternya yang makin beragam, juga motif seta ukurannya, membuat keramik bisa dijadikan sebagai "penanda" fungsi dan sifat ruang ; area publik dan area privat, ruang dalam dan ruang luar, daerah basah dan kering. Nilai estetika ruang pun makin dapat dimunculkan, seiring dengan makin cantiknya desain keramik ini, yang bahkan keindahannya menyerupai material alami, macam granit dan marmer atau kayu.
Dan inovasi terknologi terbaru dari material ini adalah aplikasi digital printing. Penggunaan teknologi ini membuat kreativitas dalam mendesain seakan menjadi tidak terbatas. Bahkan tidak bisa dipungkiri bila tidak diamati dengan lekat, mata akan terkecoh, karena begitu miripnya guratan kayu yang dihasilkan dengan bilah kayu asli, misalnya.

Teknologi ini pada dasarnya sama dengan cetak digital pada kertas. Bedanya ini dicetak di atas selembar keramik. Dengan teknologi ini memberikan keleluasaan produsen untuk menciptakan motif yang menyatu tanpa terputus oleh nat. Dengan teknologi ini kita juga bisa membuat tampilan gelombang, misalnya dengan hasil yang sangat halus. Dan tidak cuma motif kayu atau natural lainnnya, pola abstrak apapun bisa diwujudkan.
Produsen keramik merek Roman itu terbilang pelopor dalam pemanfaatan teknologi digital printing yang masih terhitung sangat anyar ini.

Seperti dijelaskan diatas, bahwa teknologi ini sejatinya mirip dengan teknik cetak lain, semua prosesnya dilakukan secara computerized. Desain diolah dengan program komputer yang selanjutnya dicetak di mesin cetak digital. Teknologi ini membuat ketajaman gambar dan warna yang dihasilkan menjadi lebih maksimal karena resolusi gambar dapat mencapai hampir 1000 DPI. Kelebihan lainnya adalah kemampuan mencetak keramik yang hingga ke bagian tepi. Dengan teknologi yang sudah ada sebelumnya, biasanya hal ini masih sulit dilakukan. Pendeknya efek bordless ini kini dapat lebih mudah dilakukan dan ini kelak menjadi tren keramik dunia. Di dalam negeri penggunaan teknologi digital printing ini masih baru, tapi tidak di luar negeri. Karena itu sesuai trend global dan dimana produk keramik Indonesia makin disukai di pasar manca negara, diyakini teknologi ini akan makin berkembang. Dengan tiada terbatasnya kemampuan teknologi dalam pengolahan desain, membuat konsumen bisa memesan motif dan pola sesuai seleranya alias customized. Bisa jadi kelak motif keramiknya akan menjadi trademark dari sebuah gedung. 

0 comments:

Post a Comment