Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Thursday, August 2, 2012

Perusahaan Skala Kecil Menengah Mendominasi Transaksi Sewa Kantor

Aktivitas sewa ruang kantor di Jakarta sepanjang semester I 2012 didominasi transaksi ruang kantor skala kecil yakni antara 200-400 meter persegi. Kondisi itu disebabkan penyewa sulit mendapatkan ruang kantor sewa berukuran besar karena terbatasnya ruang kosong untuk sewa baik di gedung perkantoran yang ada saat ini (existing) maupun yang masih dalam proses pembangunan.

Cushman & Wakefield Indonesia menyatakan sebagian besar gedung perkantoran sewa tersebut telah memiliki tingkat hunian dan sewa pre-commitment yang amat tinggi.

Permintaan ruang perkantoran masih terus aktif. Permintaan ruang kantor kebanyakan datang dari para tenant yang ingin memperluas ruang kantor. Jenis usaha perbankan dan asuransi merupakan bidang usaha yang paling aktif mencari ruang kantor untuk kantor baru atau perluasan ruangan.

Karena kurangnya suplai namun tingginya permintaan maka terjadi kenaikan tarif sewa kantor yakni untuk perkantoran Grade A berada di kisaran Rp 175 ribu per meter persegi per bulan. Untuk ruang perkantoran grade B kenaikan tarif dari kisaran Rp 90 ribu per meter persegi per bulan menjadi Rp 94 ribu per meter persegi per bulan. Sedangkan di grade C naik dari kisaran Rp 66 ribu per meter persegi per bulan menjadi Rp 69 ribu per meter persegi per bulan.

0 comments:

Post a Comment